Demam PIALA DUNIA 2010





Dua hari ke depan menjadi penantian panjang bagi rakyat Afrika Selatan. Untuk pertama kali, Benua Afrika tersebut menjadi tuan rumah gelaran Piala Dunia paling akbar di jagat ini. 


Karpet merah juga sudah dibentangkan untuk menyambut 32 tim peserta yang akan berebut menjadi nomor wahid di dunia. Euforia penduduk dari sembilan provinsi di sana menjadi sebuah keajaiban kedua bagi Afrika Selatan, setelah era apartheid berganti menjadi demokrasi oleh sang ikon, Nelson Mandela, beberapa tahun lalu.

Piala Dunia 2010 telah mengikat rasa nasionalisme penduduk yang bermukim di wilayah seluas 1.219.912 km2 itu. Di setiap jalan dan sudut kota juga di mobilmobil, tak sulit ditemui bendera-bendera Afrika Selatan berserak, yang sebelumnya jarang dikibarkan.

”Tentu saja senang. Menurut saya, Piala Dunia kali ini telah mempersatukan bangsa ini dengan satu tujuan,” ujar penduduk kota terbesar di Afsel, Johannesburg, James Straider, seperti dikutip Fifa.com. ”Tiap kali saya melihat jam dan menghitung mundur, saya merasa gugup. Saya tidak pernah merasakan kegembiraan seperti ini. Piala Dunia telah menciptakannya untuk saya,” tutur Straider. (fahmi faisa) 

Grup A Grup B Grup C Grup D Grup E Grup F Grup G Grup H FRA ARG ALG AUS CMR ITA BRA CHI MEX GRE ENG GER DEN NZL CIV HON RSA KOR SVN GHA JPN PAR PRK ESP URU NGA USA SRB NED SVK POR SUI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar