Pulau Togean - Sulawesi Tengah

trip ke pulau Togean 5 hari 4 malam
nekat berdua ajah liburan nya.. hahaha soalnya teman2 kantor yang lain pada batal ikut smw hufftt

Hari ke-1 (06 September 2013)

pukul 18.30 berangkat dari Kota Gorontalo menuju pelabuhan penyebrangan, untuk menuju pulau Togean cuman ada 2 akses, yang pertama lewat Gorontalo yang kedua lewat Palu. karena sekarang saya lagi berada di Gorontalo jadi akses nya dengan menggunakan kapal laut.


Kapal Tuna Tomini akan berlabuh menuju ke Wakai dengan jarak tempuh 12 jam, harga tiket untuk kelas ekonomi sekitar Rp67.000/orang, untuk kelas bisnis Rp89.000/orang, dan mungkin ada yang minat sewa kamar ABK kalo bisa nego sama kapten sekitaran Rp400.000/kamar.

yah kalo dipikir emang perjalanan laut 12 jam akan cukup menguras tenaga, jadi aku saranin sedia obat-obatan semacam antimo, obat sakit kepala, dll untuk berjaga-jaga karena di dalam kapal tidak ada yang jualan obat-obatan. dan untuk soal makanan cuman ada yang jualan popmie dan snack ringan, mungkin yang mau bisa bawa cemilan-cemilan sendiri.

saya ngambil kelas bisnis untuk perjalanan ini, soalnya kursi nya lebih nyaman dan bisa di panjangin seperti kursi pesawat, bisa buat tiduran gitu dan juga pake AC tentu nya. beda dengan kelas ekonomi yang kursi nya tegak nggak nyaman buat tidur dan tanpa AC (banyak yang ngerokok jadi bau asep). ada juga beberapa orang yang nyewa tiker/ karpet kecil buat tiduran di lantai kapal.

Hari ke-2 (07 September 2013) 

sekitar pukul 06.00 terbangun dari tidur yang panjang karena perjalanan jauh, udah agak terang jadi aku main ke deck paling atas kapal melihat laut luas dan pulau pulau yang indah.



di kapal dapat teman baru dari Manado, nama nya ka' Christy :) tapi tujuan kami berbeda, dia mau ke Ampana (sekitar 4 jam lagi dari Wakai)



ampe pak Kapten juga narsis dan mau diajakin foto-foto.. hahahha


para nahkoda lagi memonitor sekitar, karna nggak lama lagi kita akan nyampe di pelabuhan Wakai


Pukul 08.00 kami sampai di pelabuhan Wakai, alhamdulillah perjalanan 12 jam aman dan terkendali heheh walopun masih agak sedikit oleng karena ombak selama perjalanan.

dari pelabuhan Wakai kami di jemput speedboat dari resort yang sudah kami booking sebelum nya, kami akan nginap di Resort Paradise di pulau Kadidiri, yang akan ditempuh sekitar 30 menit dari pelabuhan.





selama di perjalanan menuju Resort kami udah disuguhi keindahan alam yang membuat kami terpukau, air nya yg sangat jernih, terumbu karang yang dapat terlihat langsung, dan pulau-pulau yang berjejer dengan indah nya.




dan kebetulan kami dapat teman juga dari Gorontalo yang akan liburan ke Pulau Kadidiri, dan kebetulan nya lagi kami di Resort yang sama.. hahahha.. mereka liburan bertujuh rame-rame,, jadi mau nggak mau kami berdua ikut gabung liburan mereka, lumayan ngirit bisa patungan dan dapat teman baru... hehhehe


sekitar pukul 09.00 kami tiba di Resort, dan melakukan administrasi kamar setelah itu menuju kamar masing-masing dan berbenah. untuk harga kamar di Resort hitung nya per orang, jadi walopun rame-rame sekalipun tetap ngitung perkepala, ng ngitung kamar. untuk harga kamar:
- standar Rp200.000/malam 
- deluxe Rp300.000/malam
- superior Rp350.000/malam





karena kami rencana emang bakal nginap 2 malam, jadi ngambil yang kamar standar saja. 
setelah berbenah dikit, aku langsung ngambil kamera dan foto-foto di sekitaran pulau.. hehhehe.. mengabadikan moment ini kan kapan lagi gitu.










ada anjing lucu,, nama nya bombom hehhehe


seharian kami masih nyantai ajah, baca buku di pinggir pantai, maen air dan sebagai nya.. 
pada malam hari karena sudah terlalu gelap, kami cuman ke restoran buat makan malam setelah itu tidur karena masih capek perjalanan 12 jam.

oia.. penginapan di resort nya udah termasuk dengan makan pagi, siang dan malam. dan sekedar ngasih tau, lampu baru akan di nyalakan pada pukul 17.30-23.00 lewat dari jam itu tidak ada listrik sama sekali, jadi nggak bisa ngisi baterai.

Hari ke-3 (08 September 2013)

pukul 07.00 kami bangun dan mulai bersiap-siap untuk trip keliling pulau, sebelum nya kami sarapan dulu dan berkumpul dengan teman-teman yang lain.

sekitar pukul 08.00 kami ke dermaga untuk naik speedboat yang akan mengantar kami keliling pulau. trip pertama menuju pulau Karina 


di tengah pulau pun ada sekolah.. wahh keren


sekitar 20 menit kami menuju ke pulau Karina


di pulau Karina kami snorkling








setelah asik di pulau Karina, kami menuju danau ubur-ubur yang berada tidak jauh. tapi sayang banget nggak bisa foto bareng ubur-ubur nya karena nggak ada yang punya kamera underwater, padahal asik banget bisa nyelam kesana kemari bareng ubur-ubur yang nggak nyengat dan aman buat di sentuh.. hehehhe 

setelah itu kami menuju pulau Taipi, sekitar 20 menit lagi menuju ke sana..
pulau Taipi ini tidak berpenghuni, tapi pantai nya indah dan air nya jernih banget,, liat terumbu karang pun nggak usah nyelam,, udah terlihat dengan indah nya..
















puas dengan keliling pulau.. sekitar pukul 13.00 kami kembali ke resort untuk makan siang dan bersih bersih diri.. 
setelah makan siang, karena kecapean seharian trip nya kami istirahat di kamar
sore hari baru melanjutkan aktivitas, sembari menunggu sunset, kami berjalan-jalan ke resort sebelah "Black Marlin".. mengabadikan moment





 sunset yang ditunggu tunggu nongol juga.. wahh betapa indah nya berada di pulau ini.. menikmanti pantai yang indah di suguhi matahari terbenam yang menakjubkan..










 Hari ke-4 (09 September 2013)

pagi hari terbangung, nggak berasa udah hari terakhir kami di pulau ini..
pukul 08.00 kami sarapan dan santai-santai sejenak menikmati pantai sebelum pulang. pukul 11.00 kami packing barang-barang. pukul 12.00 makan siang. setelah menyelesaikan urusan administrasi kamar.



sekitar pukul 13.00 kami di jemput speedboat yang akan membawa kami menuju pelabuhan Wakai, sekitar 30 menit perjalan kami tiba di Wakai.

sembari menunggu kapal Ferry yang belum tiba di pelabuhan, kami menunggu dalam terminal penumpang. pukul 15.00 Ferry nya tiba dan kami segera membeli tiket kapal kelas bisnis dan naik menuju tempat duduk kami. pukul 16.00 Ferry berangkat menuju pelabuhan Gorontalo dan akan menempuh waktu 12 jam.












Hari ke-5 (10 September 2013)

Pukul 04.00 kami tiba di pelabuhan Gorontalo,, akhir nya liat daratan lagi.. seneng banget.. dan juga 4 hari tanpa jaringan sama sekali.. hahahha..

amazing island.. amazing friends.. amazing holiday
semoga bisa balik lagi. 
END

=========================================================


















16 komentar:

  1. sumpah seru banget bikin ngilerrrrr.....pengen coba trip ksna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayukk.. main k sni ajah.. seru loh
      beberapa hri d sna berasa ng pengen pulang..
      pulau nya mantap :D

      Hapus
  2. Jadi kepengen ke sana.
    Boleh tanya, kalo jadwal kapal ferry dari kepulaun Togean menuju Gorontalo setiap hari apa, ya?
    Kalo brosing kebanyakan info, dr Pelabuhan Gorontalo menuju Togean.

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. main k sni ajah.. gorontalo akses terdekat ke pulau togean..
      kalo lwat palu masih 18 jam lg

      kapal ferry dari gorontalo ke togean ada nya hari selasa ama jumat jam 6 sore
      trus balik dari togean ke gorontalo ada nya hari senin ama selasa sore jam 4

      Hapus
  3. Seru banget yach jalan jalannya.bisa minta alamat emailnya g buat tanya2 pengalaman kmaren.rencananya pertengahan januari aq mo ksana

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh
      a.nurwahida@gmail.com

      kontak ajah kalo mw nanya2 :)

      Hapus
  4. 7 nop kemaren aku solo traveling kesana mba. indah sangat panorama alam laut dan pantainya. berangkat dari palu, pulang lewat gorontalo lanjut ke manado dan bunaken ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi iya mas emang keren bgt,, aq ajah rasanya kangen trus sm pulau itu

      Rame2 lbh asik

      Hapus
  5. Pengen Kesana. :D
    Kalo Kapal dr Ampana ke Togean itu berangkat tiap hari atau ada hari khusus ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh kalo soal dr ampana ng ngerti yah hehehe krna sy start ny dr gorontalo

      Hapus
  6. Cari booking t4 nya gmna ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka website ny ajah langsung www.kadidiriparadise.com

      atau facebook nya "kadidiri paradise"

      Hapus
  7. pulau yang indah, indonesia memang negeri yang betul-betul indah.

    BalasHapus
  8. anida, apakah pelabuhan kapal ferry di wakai bisa loading mobil atau motor? karena saya berencana pakai motor dari gorontalo menuju ampana tetapi transit di wakai dulu (motor ikut turun) dan hotel apa yg bisa diakses dari pelabuhan wakai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ferry dr gtlo k wakai bsa loading motor, nnti tny d pelabuhan ajah soal prosedur naikin motor

      Kalo d pelabuhan wakai setau sy ng da hotel, pling rumah warga yg d sewa buat nginep, biasa ny gtu

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus